30 Agu 2015

Balai Kota Surabaya

BALAI-KOTA-SURABAYA_MINYAK-KECETIT
Bangunan Cagar Budaya Surabaya : Gedung Balai Kota Surabaya di Jl. Taman Surya

PETA LOKASI... Klik disini

Gedung Kotamadya Surabaya ini berada di Jl. Taman Surya dengan halaman depan berupa Taman Kota, taman ini bernama Taman Surya, salah satu lokasi wisata warga surabaya. Bentuk bangunan cagar budaya ini memanjang, membujur dari arah timur dan barat... letaknya yang sangat strategis dan tampak depannya berbentuk simetri... membuat bangunan ini berkesan monumental yang sangat kuat sekali. Dahulu gedung ini bernama Raadhulis Ketabang kini lebih dikenal sebagai Balai Kota.

Gedung Balai Kota Surabaya dibangun pada masa Walikota Surabaya ke-dua, yaitu G.J. Dijkerman. Gedung Balai Kota mulai dibangun tiga tahun setelah G.J. Dijkerman menjabat, yaitu pada 1923 dengan Arsiteknya adalah G.C. Citroen seorang arsitek yang terkenal berkedudukan di Surabaya dan pelaksana pembangunannyanya adalah H.V. Hollandsche Beton Mij. Pembangunannya menelan biaya sekitar 1000 gulden, termasuk perlengkapan dan pernak-pernik lainnya. Gedung Balai Kota baru ditempati pada 1927.

Gedung Balai Kota Surabaya pada bagian utamanya ini memiliki panjang 102 m dan lebar 19 m, menggunakan tiang-tiang pancang beton bertulang. Rangka atapnya dibuat dari besi dan dengan penutup sirap, yang kemudian diganti dengan menggunakan genteng.

Bangunan cagar budaya ini memiliki dua menara pendek simetris di kedua sisi pintu masuk yang merupakan salah satu ciri gaya arsitektur vernacular Belanda. Arsitektur vernacular adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengelompokkan cara konstruksi yang menggunakan tradisi dan sumberdaya lokal yang tersedia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi lokal.

Untuk menyesuaikan dengan kondisi iklim lokal yang panas dan lembab itu juga maka atap Gedung Balai Kota Surabaya dibuat bertumpuk untuk menyediakan celah ventilasi guna mengalirkan udara ke dalam wuwungan, sehingga membuat ruangan di dalam gedung menjadi lebih sejuk pada siang dan malam.

BALAI-KOTA-SURABAYA

Sumber :
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=119
https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2013/08/06/balai-kota-surabaya/

0 komentar:

Posting Komentar